24.3 C
New York
Saturday, July 6, 2024

Buy now

Terbaru

Pak Naih Jawara Era Kolonial Penantang Belanda Asal Kampung Rawabangkong

BIN – Laporan intelegen tentara sekutu Belanda tanggal 8 Januari tahun 1946, Mas Ocoh rekan dari tokoh Partai Nasional Indonesia (PNI) Gatot Mangunpraja, menjalin hubungan dengan tokoh Jawara di darah Cileungsi dan sekitarnya saat pemerintahan penjajah Jepang. Mereka mengkampanyekan wajib militer untuk semua pemuda. Tokoh berpengaruh di daerah yang mereka ajak untuk bergabung yaitu seperti ; Pak Macem, Pak Jener, Pak Naih, Bapak Sugiri, Raden Karta, Haji Bakri, Haji Sanusi, Dahlan dan Raidi serta Camat Abdul.

Disini saya tertarik dengan Bang Naih yang terakhir saya ketahui merupakan Jawara asal kampung Rawabangkong, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur. Depa (40) anak dari Pak Naih menerangkan, bahwa ibunya pernah bercerita jika ayahnya dahulu teman sepejuangan Pak Macem dan Camat Nata, yang selalu bersama-sama di zaman sebelum merdeka maupun era perang kemerdekaan.

“Oh iya, ibu juga sering bilang kalau Bapak (Pak Naih) dulu berjuang bareng Pak Macem, Camat Nata, Pak Jener, Pak Loco sama banyak lagi yang lain yang disebut ibu, tapi saya lupa,” kenang Depa menceritakan ayahnya. Kamis, 20 Juni 2024.

Juhari tokoh masyarakat kampung Rawabangkong juga mengisahkan apa yang pernah di ceritakan Pak Naih padanya sewaktu Pak Naih masih hidup.

“Dulu Ki Naih pernah cerita sama Bapak, lagi waktu masih muda Ki Naih pernah ketangkep sama Belanda, terus kalo temennya mah yang satu mati di tembak, kalo dia (Ki Naih) di buang ke Nusa Kambangan de. Di Nusa Kambangan dia lama bangsaan (sekitar) 6 sampe tujuh bulan, ga di kasih kasih makan katanya. Disana Pak Naih ngebon (bertani), nanem kangkung segala, nanem pisang, nanem apa aja buat makan. Lama-lama dia ga kuat, dia nyari akal, terus katanya dia nemu akal, poon pisang sama dia di tebang, terus dia ojay (berenang) dari Nusa Kambangan pake kedebong (batang pohon pisang). Pas di tengah tengah laut dia aneh katanya, kaya ada binatang gede ngedorong dia, dia takut lembu (setan/jin air) tadinya mah, tapi pas dia nengok ternyata ikan gede yang ngedorong dia. Dia pingsan, ga sadar berapa lama berapa lamanya di laut, sadar-sadar dia udah ada di darat. Katanya waktu itu sampe darat dia malem, dia lagi pas sadar ga pake pakean, badannya lemes kelaparan. Terus dia pergi ke kampung dia liat ada yang hajatan, mau nyamperin minta makan dia malu, badannya masih telanjang, dia liat ada pakean nyampai (ngegantung) di sapaian (jemuran) dia ambil ge, terus dia pake, pakean nya juga udah rusak katanya, baru abis udah pake pakean dia minta makan di tempat hajat, di situ dia baru tau kalo dia ada di Cilacap. Terus dia nanya arah pulang ke kerawang, mau bilang Bekasi takutnya ga pada tau de, dia bilang aja pulang ke karawang. Waktu dia nanya ternyata karawang oge (juga) ga pada tau, tapi untung ada aki aki yang tau, terus Ki Naih di kasih unjuk jalannya. Abis makan, badannya udah kuat, Ki Naih baru jalan de pulang nyusurin jalan jauh katanya. Jalan terus dia berhari-hari sambil tatanya, sampe Bandung dia baru dapet tumpangan naek mobil wahon, mobil cold diesel wahon teh, terus turun di Cikampek udah dari situ mah baru Ki Naih apal jalan sampe ke rumah.”

Begitu Juhari (60) panjang-lebar menceritakan kembali apa yang di ceritakan Pak Naih sebisa yang dia ingat. Dia juga menceritakan pula bahwa Pak Naih semenjak itu semakin gemas kepada para tentara, pejabat serta antek antek Belanda. Ki Naih bercerita pada Pak Juhari jika Ki Naih selalu menculik orang yang pro Belanda.

“Ki Naih pernah cerita dia sering nyulik orang Belanda sama orang antek antek Belanda, kalo nyulik, orangnya suruh jalan duluan sama Ki Naih, itu katanya Ki Naih kalo liat ginian orang (dia menyentuh urat besar di atas tumit kaki) rasanya kaya gemes, kaya orang ngidam gitu katanya de, terus di kadek (bacok), plak plak ge dua kali kakinya dua dua nya. Abis gitu dia tinggalin. Kata Ki Naih orang kalo kena itunya pasti mati udah katanya ga ketolong.” Sambung cerita Ki Naih Pada Pak Juhari.

Ki Naih menuturkan pada Pak Juhari jika dirinya sepanjang perjalanan selalu bersama Pak Macem. Ketika menyerbu markas Belanda di leuweung malang yang sekarang lokasinya dekat Desa Sukaresmi, Kecamatan Cikarang Selatan. Bareng saat bermarkas di Kampung Boker, Bogor, bahkan ia juga selalu bersama ketika grilya ke wilayah Banten dengan Pak Macem.

Dalam catatan koran Sumatra Pos era Hindia Belanda edisi 6 April tahun 1936, menyebutkan empat polisi militer Hindia Belanda menangkap Naih dengan tuduhan telah melakukan 20 pembunuhan. Saat penangkapan berlangsung, Naih melakukan perlawanan dengan melepaskan lima tembakan. Akhirnya dengan berbagai upaya, Naih berhasil tertangkap dan tiga kawannya yang lain menjadi buronan.

Pak Naih meninggal di kampung Pangkalan Dua, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cikarang Timur dalam usia 105 tahun saat menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 2006.(Goli)

Latest Posts

Baca Juga