23.2 C
New York
Saturday, July 6, 2024

Buy now

Terbaru

Satpol PP Tamara Bersama Panwascam Tertibkan Ratusan APS

BIN || KABUPATEN BEKASI – Menjelang kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang, Satpol PP Tambun Utara (Tamara), bersama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan sejumlah stakeholder, melakukan penertiban ratusan Alat Peraga Sosialisasi (APS) di wilayah Kecamatan Tamara, Rabu (1/11/2023).

Ketua Panwascam Tambun Utara, Yatin mengatakan, sesuai instruksi Bawaslu Kabupaten Bekasi sekarang ini belum memasuki masa kampanye, sehingga pihaknya menertibkan dan mencopot APS yang mengandung unsur kampanye.

“APS yang ditertibkan adalah APS yang bersifat mengajak, menunjukkan citra peserta pemilu, ada nomor urutnya, dimana sekarang ini belum ada penetapannya, APS seperti itu yang kita copot,” ungkapnya kepada para awak media.

Yatin mengatakan, seminggu sebelum penertiban APS, pihaknya sudah memberikan informasi kepada seluruh partai politik (parpol) peserta pemilu. Dan menyampaikan instruksi kepada Parpol untuk mencopot sendiri APS tersebut.

Tempat yang dilarang untuk pemasangan APS seperti tempat sarana ibadah, fasilitas negara, pendidikan, dan fasilitas kesehatan. Itu yang sangat dilarang untuk tempat alat peraga.

“Kami juga rutin melakukan sosialisasi ke seluruh parpol, untuk memasang alat peraga di tempat yang telah ditentukan. Bukan di tempat-tempat yang dilarang. Kami juga selalu berkoordinasi dengan peserta pemilu dalam rangka melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu,” terangnya.

Dirinya pun mengimbau kepada seluruh peserta pemilu di wilayah Kecamatan Tambun Utara, untuk selalu menjaga kolaborasi dan kondusifitas, tidak melakukan black campaign, serta tidak ada persaingan yang menimbulkan kerisauan di tengah masyarakat.

Di tempat yang sama, Camat Tambun Utara, Najmuddin mengatakan, kegiatan penertiban APS ini sesuai surat Sekretariat Daerah Nomor KP. 11.01/9632/Satpol PP/2023 pada tanggal 30 Oktober 2023, yang ditujukan kepada seluruh Camat se-Kabupaten Bekasi untuk melakukan penertiban APS dalam rangka menjelang Pemilu tahun 2024.

“Kami selalu siap mensupport para penyelenggara agar pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang bisa berjalan dengan aman, lancar dan demokratis,” ungkapnya.

Najmuddin mengimbau kepada para peserta pemilu untuk mempelajari peraturan perundang-undangan mengenai pemilu, sehingga APS tidak dipasang di tempat-tempat yang dilarang.

“Dalam kegiatan penertiban tersebut seluruh tenaga Satpol PP kecamatan ikut turun, kemudian linmas, bimaspol dan babinsa turun semua. Alhamdulillah selama ini koordinasi semua lembaga dan stakeholder berjalan dengan baik,” tandasnya. (rzl)

Latest Posts

Baca Juga