spot_img
spot_img

Latest Posts

Pesan Bung Leo Ketua Karang Taruna Kabupaten Bekasi Dalam Memaknai Hari Kesaktian Pancasila

BIN || Kabupaten Bekasi – Hari kesaktian Pancasila adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tahun tepatnya tanggal 01 Oktober.

Tujuannya agar masyarakat dapat memahami sejarah bangsa Indonesia dan menyadari pentingnya peran pancasila sebagai ideologi utama negara.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme agar jangan sampai luntur. Nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila bisa dimaknai sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa.

Sebab itulah sebagai generasi penerus bangsa jajaran Karang Taruna kabupaten Bekasi turut memperingati upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bersama pemerintah kabupaten (Pemkab) Bekasi, yang di laksanakan di plaza Pemda kabupaten Bekasi. Minggu (1/10/2023).

Begitulah ungkapan Ketua Karang Taruna Kabupaten Bekasi Acep Juandi, atau yang akrab di sapa Bung Leo, yang di temui saat setelah selesai upacara.

“Hari Kesaktian Pancasila hendaknya menjadi momentum untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme, serta sebagai wahana untuk membangun kebersamaan serta merajut Bhineka Tunggal Ika.

Karang Taruna Kabupaten Bekasi, diharapkan harus siap dan mampu berdaya saing. Ingat, semangat 1 Oktober itu merupakan tonggak keberhasilan para pejuang dan para pahlawan dalam mempertahankan ideologi Negara serta menstabilkan keamanan dari kelompok kelompok tertentu yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa,” katanya.

Leo berharap kader Karang Taruna Kabupaten Bekasi jangan hanya sekedar menghafal namun juga harus bisa mengimplementasikan butir-butir pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan cara memanusiakan manusia.

“Pokok tertinggi dari pancasila adalah sila kesatu yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Ini sudah jelas, artinya sebagai manusia yang beragama haruslah memperkuat keimanan dan ketaatan.

Jika itu sudah dilakukan dengan baik barulah sikap dan perbuatan kita akan otomatis sampai kepada yang disebutkan dalam sila-sila berikutnya.” Pesannya.

Bernada yang sama Ade Guniwa juga berharap, sebagai generasi muda agar mengisi ruang di masyarakat secara aktif dan kreatif serta serta terus berinovasi membuat terobosan-terobosan demi efektifnya dalam penyelesaian permasalahan sosial di lingkungan tempat tinggal.

“Dalam kesempatan ini, kami (Garda Sakti Sekata Karang Taruna Kabupaten Bekasi) bersama beberapa intansi ikut serta kegiatan apel di halaman pemerintah daerah kabupaten Bekasi dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila.

Dalam apel ini bukti Garda Sakti Sekata Karang Taruna kabupaten Bekasi selalu terdepan membangun kemistri serta loyalitas kepada pemerintah daerah di setiap kegiatan yang ada di kabupaten Bekasi yang sama-sama kita cintai dan banggakan ini.” Pungkasnya.( Goli )

Terbaru

Baca Juga