26.2 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Buy now

Terbaru

PT. IKJ Siap Expor, Apakah Izinnya Sudah Lengkap?

BIN | Natuna – Berdasarkan keterangan sumber kepada awak media ini, bahwasanya PT. Indoprima Karisma Jaya (IKJ) sedang melakukan kegiatan “loading” (muat) hasil tambang Pasil Silika kedalam tongkang untuk dilansir ke Kapal Mother Vessel untuk di Expor.

“Ia, mereka (IKJ_red) sedang “Loading” bang, sudah ada 1 Kapal “mother vessel” dengan kapasitas sekitar 50 ribu ton parkir di sekitar perairan Natuna sejak beberapa waktu lalu, kabarnya akan masuk 1 lagi dalam waktu dekat,” terang sumber melalui sambungan telepon yang tidak mau namanya dimuat awak media ini, Senin (17/04/23).

Untuk kebenaran lebih lanjut, awak media ini mencoba mengkonfirmasi Kepala Pos Syahbandar Ranai, Liber Fery Hutahayan.
“Ia ada bang, mereka sedang proses muat, katanya mereka itu sekitar 1 minggu muatnya. Nanti baru urus Clearance. Clearancenya nanti tu dari pusat KUPP (Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II) Tarempa bang, bukan saya,” terang Liber melalui sambungan telpon, Selasa (18/04/23).

Saat ditanyakan oleh awak media ini berkaitan dengan pelabuhan untuk sandar tongkang yang akan memuat Pasir Silika milik IKJ, Liber menjelaskan pihak IKJ melakukan kegiatan muat dipelabuhan Pengadah.

“Pelabuhan Jettynya baru dibukak lagi, yang kemaren itu dangkal. Itu yang arah lewat pengadah ya,” tambahnya.

Saat awak media ini menanyakan terkait perizinan pelabuhan Jetty untuk aktifitas bongkar muat IKJ, liber menjelaskan sudah ada izin.
“Sudah ada izinnya, dari Kementrian. Dari Dit Lala (Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut). Dari Dit Lala itu ke KUPP Tarempa. Mereka sudah 4 hari aktifitas, sebelumnya mereka ada bongkar alat berat dari tanjung uban,” lanjut Liber.

Penelusuran awak media ini berlanjut ke Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Allazi, SE. Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Allazi tidak tau menahu terkait perizinan pelabuhan Terminal Khusus (Tersus) milik IKJ.

“Terkait pelabuhannya, tak ada izin dari kita. Langsung kementrian bang. Tidak ada hubungan ke Kabupaten. Terkait dokumen lingkungan perizinan pelabuhan pun kita gak tau bang. Kayaknya mereka langsung Kementrian tu bang. Terkait pelabuhan bongkar muatnya pun kami tak tau bang. Kami belum pernah kesana,” terang Allazi singkat, Rabu (26/04/23).

Sampi berita ini ditayangkan, Beksi IndonesiaNews.co.id masih menunggu respon dari Kepala KUPP Tarempa lebih lanjut serta Direktur PT. IKJ belum merespon telepon dari awak media ini, pesan singkat hanya dibaca namun tidak ditanggapi.(Edi)

Bersambung..

Latest Posts

Baca Juga