26.3 C
New York
Monday, July 1, 2024

Buy now

Terbaru

Diguyur Hujan Deras, Perumahan Telaga Harmoni Terendam Banjir Akibat Buruknya Drainase

BIN | Kabupaten Bekasi – Hujan deras kurang lebih 3 jam dengan intensitas sedang mengakibatkan banjir menerpa rumah warga disebahagian besar Perumahan Telaga Harmoni, Desa Sukasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, Minggu (04/12/2022) sekira pukul 17.00 WIB.

Sebanyak 126 rumah warga terendam banjir, rata-rata di wilayah blok F, bahkan disebahagian ada yang mencapai hingga setinggi lutut kaki.

Seperti dikeluhkan salah seorang warga yang bernama Dio, dia mengatakan penyebab banjir di lingkungannya dikarenakan tidak berfungsinya saluran – saluran yang tersedia.

“Bagaimana air bisa mengalir kalau saluran air kecil, sudah mampet dan dangkal, ditambah air dari perumahan sebelah mengalir ke perumahan Telaga Harmoni,“ keluhnya.

Warga berharap, developer dan Pemerintah Desa serta intansi terkaiy dapat memberikan perhatian serius serta mencari solusi mengenai permasalahan banjir ini, sebab penanggulangannya sangat membutuhkan campur tangan Developer dan Pemerintahan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, penyebab banjir diakibatkan pendangkalan dan penyempitan saluran air yang tersedia, disamping saluran air utama (induk) untuk menampung debit air yang datang dari wilayah lainnya sudah mulai over kapasitas dan aliran air menuju kali Desa Jayasampurna tidak maksimal, sehingga semua bertumpu di Perumahan Telaga Harmoni, sehingga debit air yang tumpah berbalik dan menggenangi rumah warga.

Menghadapi hal tersebut,Kepala Desa Sukasari menjelaskan kepada awak media Beksi Indonesia News, dirinya akan berkordinasi dengan pihak pengembang dan Kepala Desa Jayasampurna serta pihak terkait, agar secepatnya bertindak, sehingga banjir di perumahan tidak terjadi lagi.

” Saya tadi bersama Kapolsek Serang Baru menelusuri permasalahan banjir ini, dan ternyata di Desa tetangga yaitu Desa Jayasampurna banyak sekali penyumbatan aliran air, saya akan membuat jadwal untuk bertemu para Kepala Desa Serang Baru di Kecamatan,dimana nanti pertemuan tersebut membahas mengenai drainase- drainase perumahan untuk segera diperbaiki,agar nanti ketika hujan, air tidak lagi menggenangi wilayah Perumahan Telaga Harmoni,” jelasnya.(Wati Ummu Arfi)

Latest Posts

Baca Juga