23.2 C
New York
Saturday, July 6, 2024

Buy now

Terbaru

Gempa Cianjur Terasa Sampai Bekasi

BIN | Kabupaten Bekasi – Gempa yang terjadi di Cianjur hari ini Senin, 21 November 2022 pada pukul 13.21 WIB. Gempa bumi terjadi siang ini terasa kuat hingga menggunjang wilayah bekasi dan sekitarnya.

Titik gempa berada di 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa tidak berpotensi tsunami. “Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG, Senin (21/11/2022).

Gempa berpusat di Kabupaten Cianjur hari ini bermagnitudo (M) 5,6. Guncangan gempa hari ini terasa kuat hingga wilayah bekasi dan sekitarnya. Selain di bekasi, gempa turut dirasakan di Jakarta, Sukabumi, Bogor, Bandung, hingga Depok.

Warga di beberapa wilayah melaporkan merasakan adanya gempa. Warga yang enggan di sebutkan namanya sangat merasakan getaran yang kuat selama beberapa detik, berasa goyang-goyang kata warga.

Seperti yang di lansir dari media detik.com Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkap potensi gempa susulan dan menghimbau masyarakat keluar dari gedung sementara.

Penyebab Gempa Cianjur Terasa Kuat di Jakarta
BMKG mengungkap penyebab gempa berpusat di Cianjur terasa kuat mengguncang hingga di Jakarta. Kepala BMKG Dwikorita menyebut gempa tersebut diduga akibat dari pergerakan Sesar Cimandiri.

“Diduga ini merupakan pergerakan dari Sesar Cimandiri jadi bergerak kembali,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Senin (21/11/2022).

Gempa itu, jelas Dwikorita berpusat di sekitar Sukabumi-Cianjur. Dia mengatakan gempa itu terjadi akibat patahan geser. “Merupakan gempa yang diakibatkan patahan geser dengan magnitudo 5,6,” ujarnya.(Red)

Latest Posts

Baca Juga