23.4 C
New York
Saturday, July 6, 2024

Buy now

Terbaru

Tanah Bantaran Sungai Cipamingkis Cibarusah Longsor



BIN | Kabupaten Bekasi – Hujan deras yang mengguyur kawasan Kabupaten Bekasi dalam beberapa hari terakhir, membuat tebing setinggi 15 meter di bantaran sungai Cipamingkis, di Kampung Cigoong RT 03 RW 01, Desa Sirnajati, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, longsor akibat kondisi tanah yang labil.

Akibat longsoran tersebut, sebanyak 2 rumah warga rusak terbawa longsoran tanah, meski begitu, beruntung tidak menimbulkan korban jiwa.

“Itu suaranya gemuruh, gubrak-gubrak gitu baru longsor gitu, ya saya menghindar aja menyelamatkan diri, yang roboh itu ada 2 rumah, karena kena longsoran tanahnya ke bawah,” jelas Anang (42) warga dilokasi longsoran, Kamis (20/10/2022).

Anang juga menuturkan, peristiwa longsor kerap terjadi pada malam hari, pada saat warga tengah tertidur lelap. Longsor diakibatkan tebing setinggi 15 meter itu tergerus arus aliran sungai Cipamingkis saat debitnya tinggi usai diguyur hujan.

“Inikan pertamanya, datang banjir deras sekali emang kejadiannya suka malam hari, kalau siang itu gak pernah sampai longsor-longsor itu,” ujarnya.

“Takut jelas, sebenernya kalau masalah takut mah ya emang takut, tapi mau pindah kemana kita gak ada tempat lagi.” ungkapnya.

Sementara itu, Muhamad Kurnaepi Camat Cibarusah mengatakan, jumlah rumah atau kepala keluarga yang ada disepanjang bantaran sungai yang rawan longsor tercatat ada 11 rumah.

“Untuk yang terdampak atau yang ada disepanjang bantaran sungai Cipamingkis ini ada kurang lebih 11 kepala keluarga atau rumah, paling rawan berdasarkan peninjauan kami ada 2 rumah, 1 rumah sudah kita evakuasi ke rumah saudaranya yang lebih aman, nah yang 1 rumah lagi masih bertahan,” ucapnya.

Pemerintah Daerah sendiri menurutnya, sudah melakukan upaya pencegahan agar tidak ada korban jiwa dalam peristiwa lonsornya tanah bantaran sungai tersebut.

“Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada korban jiwa, sesuai arahan Bapak Pj Bupati juga kita harus melakukan mitigasi menyiapkan evakuasi segera bila cuaca efektivitas hujan yang terus menerus seperti ini kondisinya,” kata Kurnaepi.

Untuk jangka panjang, kata Kurnaepi, Pemkab Bekasi telah berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dalam penanganan longsor tersebut, pasalnya kondisinya saat ini sangat mengkhawatirkan dan masih dimungkinkan terjadinya longsor susulan.

“Beliau juga sudah menginstruksikan ke Dinas terkait dalam ini untuk berkoordinasi dengan BBWS pengelola atau yang berwenang atas tentang sungai Cipamingkis ini, untuk penanganan jangka panjangnya.” tutupnya.

(Red/Wati)

Latest Posts

Baca Juga