26.3 C
New York
Monday, July 1, 2024

Buy now

Terbaru

Usulan Jalan Raya Cibarusah-Cikarang Jadi Jalan Raya KH. Ma’mun Nawawi Dapat Angin Segar Dari Pemprov Jabar

BIN | Kabupaten Bekasi – Progres rencana pergantian nama jalan provinsi yang diusulkan melalui tokoh masyarakat, pemerintah desa dan kecamatan hingga pemerintah daerah kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat kini mendapatkan angin segar.

Camat Cibarusah, Muhamad Kurnaepi menjelaskan, pengusulan pergantian nama jalan provinsi Jalan Raya Cikarang – Cibarusah menjadi Jalan Raya KH. Makmun Nawawi yang sejak 2019 lalu diusulkan saat ini telah mendapatkan titik terang dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Pengusulan KH. Makmun Nawawi dengan gelar pahlawan nasional terus diupayakan dan didukung oleh pemerintah daerah dan provinsi dan bisa diawali dengan perubahan nama jalan provinsi yang semula Jalan Raya Cikarang – Cibarusah menjadi Jalan Raya KH. Makmun Nawawi. Mudah-mudahan penyematan gelar pahlawan nasional dan perubahan nama jalan bisa direalisasikan pada Hari Pahlawan 10 November,” ujarnya Kurnaepi saat berkunjung di Kantor Newsroom, Bidang IKP, Diskominfosantik Kabupaten Bekasi pada Jumat (23/09/22).

Dalam proses pergantian nama jalan tersebut, pemerintah daerah sudah berkirim surat kepada pemerintah provinsi melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Bekasi dan saat ini hanya tinggal satu langkah lagi proses yang harus ditempuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi untuk mengunci kepastian perubahan nama jalan tersebut.

“Tahapan berikutnya yang harus kita tempuh sesuai arahan dari Biro Pemerintahan Provinsi Jabar adalah melakukan musyawarah desa bagi setiap desa yang dilalui oleh Jalan Raya Cikarang – Cibarusah. Jadi meliputi beberapa kecamatan diantaranya Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Selatan, Serang Baru dan Cibarusah,” katanya.

Adapun output yang dihasilkan dari musyawarah desa tersebut adalah persetujuan dari desa-desa yang dilalui oleh jalan tersebut berupa berita acara persetujuan, sebelum akhirnya ditetapkan melalui Surat Keterangan dari Gubernur Jawa Barat.

Sejauh ini, Kurnaepi menegaskan, proses musyawarah desa yang akan menjadi tahapan terakhir tersebut dinilai akan berjalan dengan baik mengingat dukungan terhadap perubahan nama jalan menjadi nama pahlawan lokal asal Cibarusah, Kabupaten Bekasi tersebut terus berdatangan dari berbagai kalangan.

“Alhamdulillah semua kalangan mendukung progress ini baik dari tokoh masyarakat, pemerintah desa, dan pihak terkait lainnya. Bahkan Gubernur Jawa Barat juga secara langsung memberikan dukungan dan restunya pada saat menghadiri rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bekasi pada Agustus lalu,” terangnya. (Red/Wati)

Latest Posts

Baca Juga