22.9 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Buy now

Terbaru

Kepala Desa Sindangmulya Hadiri Lounching Program Bank Sembako di RW 011 Villa Permata

BIN | Bekasi – Kebersamaan warga menjadi salah satu kekuatan dalam menghadapi bencana. Kekayaan kearifan lokal ini dimiliki hampir di setiap kampung atau RW di Kecamatan Cibarusah, salah satunya di perumahan Villa Permata RW 011 Desa Sindangmulya.

Pengurus RW dan tokoh masyarakat berinisiatif membantu warga yang terkena dampak secara langsung Covid-19. Warga yang memiliki kemampuan memberikan bantuan kepada mereka yang terdampak dan layak untuk dibantu, salah satunya melalui program Bank Sembako.

Suparno,Ketua RW 011 Desa Sindangmulya menjelaskan, tidak sedikit warga Desa Sindangmulya khususnya warga Perumahan Villa Permata yang terkena dampak akibat penyebaran virus Corona. Efek pandemi ini hampir di semua sektor, termasuk ekonomi, beberapa wargapun cukup banyak yang kehilangan penghasilan.

Wilayah RW 011, yang terdiri dari 2 RT, yaitu RT 001 dan RT 002 memiliki hubungan emosional antar warga. Dampak Covid-19 ini, menggugah Pengurus RW dan RT serta warga untuk mengeluarkan gagasan program Bank Sembako yang membantu warga yang membutuhkan.

Pengurus RW dan RT, bahu membahu melakukan komunikasi dengan warga diwilayahnya. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, bantuan paket sembako dapat tersalurkan bagi warga yang membutuhkan. Direncanakan tidak hanya sekali, namun akan berkelanjutan hingga berakhirnya masa pandemi.

“Berawal dari bentuk keprihatinan dan sapa warga RW 011 yang terkena dampak pandemi covid, kami pengurus RW dan RT timbul ide atau gagasan untuk membuat program Bank Sembako ini, dari Warga untuk Warga dan bermanfaat bagi warga. Ini sebagai langkah awal untuk membantu warga yang terkena dampak pandemi dan mudah-mudahan program ini bermanfaat,” ujar Ketua RW 011, Suparno yang didampingi Ketua RT 001 Sudarno dan Ketua RT 002 Jaiz, kepada awak media Beksi Indonesia News.

Sementara itu, Kepala Desa Sindangmulya R. Selpia Indriyani, SE dalam sambutannya di acara Lounching Program Bank Sembako menuturkan, Program Bank Sembako adalah sebuah program yang bermanfaat dan berharap menjadi program Desa Sindangmulya.

“Saya rasa ini adalah sebuah program yang sangat luar biasa bermanfaat untuk masyarakat, dan saya berharap program ini bisa menjadi contoh untuk RW – RW lainnya yang ada di Desa Sindangmulya dan ini bisa kita jadikan program Desa,” kata Kepala Desa Sindangmulya.

Program Bank Sembako ini telah mencuri perhatian dari Ketua Forum RT dan RW Kecamatan Cibarusah dan Kabupaten Bekasi, Sarikin, SH. Dirinya sangat mengapresiasi program tersebut, karena manfaat dapat dirasakan oleh masyarakat yang terkena dampak pandemi covid.

“Bergerak bersama untuk membantu warga yang membutuhkan akan bermakna dan bernilai, saya sangat mengapresiasi ini dan mudah-mudahan kedepannya akan timbul kembali ide atau gagasan untuk membantu masyarakat.” tutup Sarikin, SH selaku Ketua Forum RT dan RW.

Turut hadir dalam acara Lounching Program Bank Sembako pengurus RT dan RW 011, Forum RT dan RW, BPD, Ketua DKM Masjid Villa Permata dan warga Villa Permata. (Wati)

Latest Posts

Baca Juga